Ultimate magazine theme for WordPress.

Ternyata Begini Cara Membuat Resume yang Baik dan Benar, Ada Contohnya Juga !

Kamu sedang mencari cara membuat resume yang benar ? Cikinet.com akan membantu kamu untuk membuat resume yang baik sesuai dengan standar.

Seringkali kita mendengar istilah resume dalam dunia pendidikan di Indonesia. Kata ini menjadi familiar karena penggunaannya yang lazim.

Nah hari ini kami akan membahas materi tentang bagaimana cara membuat resume yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tapi sebelum masuk pada pokok pembahasan, kami akan mengajak kalian untuk mencari tahu hal-hal mengenai resume dari awal agar lebih faham dasarnya.

 

Apa itu Resume ?

Cara membuat resume yang baik

Resume adalah rangkuman maupun ringkasan yang diambil dari sebuah pembahasan yang merupakan pokok dari pembahasan yang mampu menggambarkan keseluruhan daripada makna yang ingin disampaikan.

Resume juga bisa diartikan sebagai sebuah kesimpulan yang diambil berdasarkan data yang sudah dibuat sebelumnya.

Dengan adanya cara membuat resume yang benar maka akan sangat membantu dan bermanfaat bagi banyak orang untuk memahami secara lebih mudah dan cepat tentang inti dari sebuah tulisan.

Tak hanya identik dengan dunia pendidikan, resume atau kesimpulan kini sudah semakin ramai digunakan oleh para blogger baik dari luar negeri maupun di Indonesia.

Tujuannya sama, yaitu membuat narasi berupa inti dari keseluruhan pembahasan yang mencangkup hal-hal penting didalamnya.

 

Bagaimana Cara Membuat resume ?

Sejatinya, resume harus mampu menyajikan informasi yang kongkrit dan mampu menjadi sebuah kesimpulan dari keseluruhan tulisan.

Untuk bisa membuat resume pastinya dibutuhkan pemahanan terhadap isi tulisan terlebih dahulu.

Nah berikut beberapa tips penting bagaimana cara membuat resume yang baik dan benar.

 

1. Membaca Keseluruhan Artikel

Untuk bisa membuat sebuah resume tentunya kalian harus membaca dengan seksama keseluruhan artikel, tulisan atau naskah yang sudah ada.

Pastikan kalian membaca seluruh bagian satu persatu agar nantinya tidak ada yang terlewatkan.

 

2. Membuat Draft Resume

Cara membuat resume selanjutnya adalah, siapkan alat tulis dan perlengkapan lain untuk menandai atau menulis bagian-bagian penting yang ada pada tulisan.

Penandaan atau penulisan bagian penting ini akan membantu kamu untuk mengumpulkan data yang nantinya akan digunakan sebagai bahan resume.

Jika tidak dilakukan maka kamu perlu membaca berulang-ulang untuk mencari kembali bagian pokok atau inti dari sebuah tulisan yang justru akan menghabiskan banyak waktu.

Langkah ini dirasa cukup perlu untuk dilakukan agar kamu mempunyai draft untuk membuat resume.

 

3. Membuat Resume

Setelah kamu membaca dan membuat draft resume selanjutnya adalah mulai membuat resume berdasarkan data yang sudah ada.

Tahap ini harus dilakukan dengan baik dan berurutan sesuai dengan naskah yang sudah ada sehingga bisa menjadi satu kesatuan yang saling berhubungan.

Gunakan tata bahasa yang benar dan mengacu kepada sumber artikel yang sudah ada.

 

4. Cek Resume

Bagian ini juga tak kalah pentingnya sob, ada baiknya kamu cek kembali resume yang sudah dibuat dan pastikan semua sudah benar baik dari penulisan, tata bahasa dan kesesuaian dengan sumbernya.

Ada kalanya kita sebagai manusia tidak luput dari kesalahan, dengan melakukan pengecekan kembali setidaknya kita berusaha untuk meminimalisir kekeliruan yang mungkin terjadi.

Dengan melakukan ceklist, kita juga bisa menambah dan mengurangi bagian-bagian yang mungkin perlu diperbaiki.

 

5. Publikasikan Resume

Setelah semua tahapan diatas dilakukan maka sebagai finishingnya adalah mempublikasikan resume agar bisa diakses dan menjadi informasi kepada publik.

 

6. Review

Mintalah kepada temanmu untuk memberikan penilaian yang objektif terhadap resume yang sudah kamu buat.

Dengan metode ini kamu akan lebih tahu bagaimana kualitas resume yang sudah dibuat.

 

cara membuat resume jurnal

Bagaimana cara membuat resume jurnal

Jurnal merupakan sebuah tulisan khusus yang berisi tentang artikel suatu bidang ilmu tertentu.

Jurnal adalah tulisan yang dikeluarkan oleh seseorang yang memang berkompeten dan memiliki kemampuan di bidangnya, dan diterbitkan secara resmi oleh suatu instansi atau lembaga.

Pada prinsipnya, cara membuat resume jurnal sama dengan membuat resume pada umumnya.

Tahapan dan proses yang harus dilakukan adalah sama mulai dari membaca, membuat draft, menulis, cek dan mempublikasikan.

Namun jika melihat bahwa jurnal adalah sebuah tulisan yang dibuat secara resmi, maka cara membuat resume hendaklah benar-benar diperhatikan.

Tata cara penulisan, bahasa dan yang paling penting adalah isi didalamnya harus benar-benar sesuai dengan sumber aslinya.

 

Contoh resume jurnal sederhana

Berikut ini cikinet akan memberikan contoh resume jurnal sederhana yang diambil dari materi tentang microsoft office.

Tema      : Dasar-dasar Microsoft Word 2010
Sumber  : Disini

Abstrak

Microsoft Word merupakan program aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan teks, pengelolahan dokumen, laporan, pembuatan KTI dan lain sebagainya.

Manfaat setelah belajar Microsoft Word

  • Mengatur 2 tampilan kertas a4 atau yang lain dalam satu dokumen dalam posisi portrait dan landskape itu sangat menarik dan mudah. Selama ini jika ada tampilan kertas yang berbeda, maka akan dipisahkan dokumennya.
  • Mengatur jenis penomeran halaman berbeda yaitu dengan angka romawi dan angka arab dalam satu dokumen ternyata bisa dilakukan.
  • Penggunaan Style untuk pemformatan teks atau paragraf, selama ini dalam memformat teks atau paragraf secara manual saja.
  • Membuat daftar isi otomatis sangat menarik dalam membuat daftar isi otomatis, sebab jika ada pengetikan yang salah dan merubah halaman, maka secara otomatis daftar isi juga berubah.
  • Sitasi dan membuat daftar pustaka otomatis.
  • Penulisan matematika dengan Math Autocorrect, ini juga sangat membantu dalam penulisan matematika yang sering digunakan dalam penulisan RPP. Dengan Math autocorrect menulis pun bisa cepat.

 

1. Pendahuluan

Microsoft Office 2010 merupakan perangkat lunak (software) office versi 14, yang resmi di luncurkan pada bulan April 2010, versi ini adalah penerus ms. office yang sudah dirilis sebelumnya: office 2000, office xp (2002), office 2003, dan office 2007.

Microsoft office 2010 tersedia dalam beberapa paket edisi yang berbeda yaitu: edisi starter, home and student, home and business, standard professional, professional academic, dan professional plus.

Microsoft Word 2010 merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi sebagai pengolah kata (Word Processor) yang akan membantu anda mulai dari membuat surat yang sederhana sampai membuat laporan yang lengkap dengan berbagai format tampilan.

  • membuat dokumen berbentuk kolom
  • membuat tabel
  • membuat dokumen atau surat yang akan didistribusikan secara masal (mail merge)
  • dan lain-lain

 

2. Tinjauan Pustaka

Microsoft word mulai dikembangkan pada tahun 1989 sampai pertengahan tahun 2001.

Microsoft word dikembangkan oleh perusahaan pembuat perangkat lunak ternama didunia yaitu corporation, dari generasi pertama microsoft word sampai generasi terkininya program ini selalu menjadi idola.

Adalah Charles Simonyi, seorang pengembang dari bravo, sisitem pengolah kata GUI pertama yang dikembangkan di Xerox PARC.

Charles dipinang Microsoft pada tahun 1981, untuk membuat proyek untuk Microsoft.Setelah bergabung dengan Microsoft, Charles Simonyi kemudian mengerjakan proyek system pengolah kata yang selanjutnya dikenal dengan “Multi-Tool Word”.

Dalam mengerjakan proyek tersebut, Charles tidaklah bekerja seorang diri. Dia merekrut Richard Brodie, yang tak lain adalah seorang mantan pegawai Xerox. Saat bekerja di Xerox Richard menjabat sebagai kepala software engineering.

Sebagainama yang kita ketahui, Microsoft word dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah.

Manfaat Microsoft word antara lain memudahkan menyelesaikan pekerjaan, dengan aplikasi ms. Word kita sangat terbantu untuk menuntaskan semua pekerjaan tidak bisa dibantah lagi, mulai dari iseng menulis, hitung table, sampai membuat gambar bisa kita lakukan di Microsoft word.

Fungsi yang kedua adalah menghemat waktu, jelas sekali dengan adanya komputer dalam kasus ini, program Microsoft word menghemat waktu.

 

3. Menjalankan Program Aplikasi Microsoft Word 2010

  1. Klik tombol yang ada di taskbar
  2. Plih dan klik menu All Program > Microsoft Office> Microsoft Word 2010
  3. Tunggu sampai jendela kerja program aplikasi Microsoft Word ditampilkan

 

4. Bagian-bagian Jendela Microsoft Word 2010

Gambar

 

5. Mengoperasikan Dokumen

Berikut ini kami uraikan beberapa cara untuk mengoperasikan microsoft word. (cara membuat resume)

 

5.1 Membuat Dokumen Baru pada Ms. Word 2010

  1. Klik tab File, kemudian klik New atau tekan tombol Ctrl+N pada keyboard
  2. Pilih dan klik BlankDocument kemudian klik tombol perintah  atau double klik pada Blank Document.

5.2  Menyimpan Dokumen

  1. Kliktab File kemudian klik Save atau Save As atau tekan tombol Ctrl+S.
  2. Pilih tempat penyimpanan dokumen, tentukan lokasi folder.
  3. Pada kotak isian File Name, ketikkan nama file yang anda inginkan.
  4. Apabila diperlukan anda dapat memilih jenis dan bentuk format penyimpanan file pada tombol daftar pilihan Save as Type
  5. Save

 

5.3  Membuka Dokumen

  1. Kliktab File , kemudian klik open  atau tekan tombol Ctrl+O
  2. Pada tombol daftar pilihan Look in, pilih drive dan folder tempat dimana file tersimpan.

 

5.4 Menyisipkan Simbol

  1. Tempatkan kursor ditempat anda akan menyisipkan simbol
  2. Pada Tab Insert, dalam Group Symbols, klik  Symbol. Kotak pemilihan simbol akan ditampilkan
  3. Pada kotak dialog tersebut, pilih dan klik simbol yang anda inginkan, jika tidak ada simbol yang sesuai klik More Symbol
  4. Untuk menyisipkan simbol yang telah anda pilih, klik tombol perintah Insert atau klik dua kali pada simbol yang anda inginkan

 

5.5 Menggunakan Drop Cap

  1. Pilih atau sorot karakter atau karakter pertama dari paragraf yang akan anda jadikan drop cap
  2. Pada Tab Insert, dalam Group Text, klik  Drop Cap. Kotak pemilihan drop cap akan ditampilkan.
  3. Pada kotak pemilihan tersebut, pilihdan klik drop cap yang anda inginkan. Jika tidak ada drop cap yang sesuai, klik
  4. Pada bagian Position, pilih dan klik bentuk drop cap yang anda inginkan
  5. Pada bagian Option anda dapat melakukan berbagai pengaturan pada drop cap tersebut
  6. Klik OK

 

5.6 Mengatur Ukuran Kertas

  1. Pada Tab Page Layout, dalam Group Page Setup klik Size.
  2. Pada kotak pilihan ukuran kertas yang ditampilakan, pilih dan klik ukuran kertas yang anda gunakan
  3. Apabila ukuran kertas yang akan digunakan tidak ada yang sesuai anda dapat melakukan pemilihan dan pengaturan ukuran kertasdengan cara mengklik
  4. Pada bagian Paper Size, lakukan pemilihan kertas misalnya ukuran kertas a4.
  5. Klik OK

 

Daftar Pustaka

  • Suharno Pawirosumarto, Aplikasi Komputer Edisi 1 2009.Jakarta : Mitra Wacana Media.
  • Suharno Pawirosumarto, Aplikasi Komputer Edisi 2 2010.Jakarta : Mitra Wacana Media.
  • Suharno Pawirosumarto, Yusuf Elmande, Nugi Nugraha, Aplikasi Komputer Edisi 3 2012.Jakarta : Mitra Wacana Media.
  • Budi Permana,SE., Ak., M.Sc, Kurweni Ukar,SE., Ak., M.Kom,36 jam belajar komputer Microsoft Office 2010, 2010.Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
  • Rachmad Hakim  S. ST & www.binsis.com, Profesional dengan Microsoft Office 2010, 2012. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
  • eWolf Community, Buku Wajib Microsoft Office 2010 , Cetakan Pertama 2010. Jakarta : MediaKom.

Lumayan cukup panjang contoh resume jurnal diatas bukan, semakin panjang pokok pembahasan maka resume yang harus dibuat juga akan menyesuaikan.

 

cara membuat resume film

Sama halnya dengan cara membuat resume jurnal, cara membuat resume buku dan cara membuat resume kerja.

Cara membuat resume film harus dilakukan dengan baik dan benar sehingga mampu menggambarkan keseluruhan isi didalamnya.

Untuk membuat resume film, beberapa tips berikut ini mungkin perlu kamu lakukan.

 

1. Siapkan Alat Bantu

Coba deh siapkan peralatan bantu untuk mengumpulkan data penting dari film, bisa ditulis, diketik, atau direkam langsung bagian-bagian yang dianggap poin penting.

 

2. Menonton Film Secara Penuh

Pastikan kalian sudah menonton film secara keseluruhan agar mengerti makna dibalik tayangan yang dihadirkan.

Pilih waktu dan tempat yang enjoy agar bisa menikmati film dengan lebih rileks.

 

3. Buat Draft Resume

Mulailah membuat draft resume film dengan data-data yang sudah dikumpulkan.

Pastikan kamu telah memasukan semua bagian penting dalam film termasuk judul, pemeran, alur cerita dan team produksi.

 

4. Cek resume

Setelah dirasa cukup membuat draft resume maka kamu juga masih perlu untuk melakukan kroscek untuk memastikan bahwa resume kamu baik dan benar sesuai dengan data yang ada.

 

5. Terbitkan Resume

Setelah semua proses dilakukan dengan baik kini saatnya kamu untuk mempublikasikan resume yang sudah dibuat agar dapat menjadi informasi umum.

 

Pada dasarnya cara membuat resume memiliki prinsip yang sama dari segi metode pembuatannya.

Semua harus dilakukan dengan benar dan baik agar bisa menjadi kesimpulan yang mampu memberikan informasi seusuai dengan data yang sudah ada.

Kamu bisa terus mengasah kemampuan dengan sering membuat resume dan memperbaiki kekurangan dari berbagai resume yang ada.

Jadi apakah materi cara membuat resume ini cukup membantu ?

 

Rekomendasi Artikel

Leave A Reply

Your email address will not be published.